Cara Efektif Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur Secara Alami

oleh -359 views
Hormatilah orang disisi kita dengan tidak mendengkur
Kebanyakan dari kita tidak tahu dan tidak menyadari akan kebiasaan disaat kita sedang tidur, hanya orang-orang yang ada disekitar kita yang tahu apa yang sedang terjadi disaat kita sedang tidur, bahkan kalau kita mendengkur disaat tidurpun kita tidak menyadarinya, memang mendengkur disaat kita sedang tidur adalahhaal biasa, namun tahukah kita jika kebiasaan yang sudah kita anggap tidak apa-apa sebenarnya merupakan masalah buat orang yang ada disamping kita pada saat kita tidur.
Terjadinya mendengkur atau mengorok sering karena kondisi tubuh kita sangat capek, karena aktivitas disiang hari yang sangat padat hal inilah yang menyebabkan mendengkir atau ngorok muncul,namun ada juga kebiasaan mendengkur ini sudah menjadi kebiasaan saat kita tidur, bahkan tak jarang kebiasaan mendengkur yang terjadi pada diri kita berimbas terhadap masalah hubungan kita dengan pasangan, karna dengan mendengkur membuat istirahat pasangan kita menjadi terganggu dan tak heran jika berujung pada perceraian dalam pernikahan, yang diakibatkan hal-hal sepele seperti mendengkur.
Tahukah Anda jika dengkuran itu sendiri merupakan suara yang dihasilkan oleh adanya gangguan pada saluran pernafasan udara yang melewati hidung dan mulut bagian belakang. secara umum, orang yang mendengkur biasanya mengalami dalam jangka waktu maksimal 10 detik, jika terjadi selama 1 menit atau lebih maka hal tersebut perlu diwaspadai karena akan berdampak negatif bagi kesehatan.
Ada beberapa solusi alami, untuk mengurangi kebiasaan mendengkur kita pada saat tidur yang mungkin bisa memberikan perubahan atau bahkan menghilangkan kebiasaan mendengkur kita diataranya adalah;
1. Ubah Posisi Tidur
Tidur dalam keadaan berbaring terlentang membuat pangkal lidah dan bagian langit-langit yang lunak ke dinding belakang tenggorokan, menyebabkan suara bergetar saat tidur, ini kenapa kita saat tidur mngorok atau mendengkur, untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur rubahlah posisi tidur kita dangan cara tidur menyamping kekanan dan ini dapat membantu menghiolangkan dan mencegah ngorok pada saat tidur.
2. Turunkan Berat Badan
Menurunkan berat badan tidak harus dengan cara diet yang ketat, karna hal ini bisa membuat badan kita berbahaya, karna memaksa berat badan untuk turun secara extrem, untuk menurunkan berat badan cukup dengan mengolah dan mengatur kebiasaan makan kita, mengurangi kebiasaan makanan yang mengandung lemak dan mengurangi kebiasaan makan makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi, jika hal ini kita lakukan secara cermat dan sabar Insya Allah kita akanmendapatkan porsi tubuh yang ideal, dan tentunya ini bisa berhasil jika ditopang dengan olahraga yang rutin minimal 3 kali dalam sepekan.
3. Biasakan Tidur Teratur
Kebiasaan jam tidur yang larut malam adalahsalah satu contoh kebiasaan yang tidak baik, kecuali tidak tidurnya kita karena aktivitas rutin beribadah makan hal ini bukan menjadi masalah, namun jika tidur terlalu larut malam karena asyik bergandang maka kebiasaan tidak baik ini akan berimbah pada capeknya tubuh dan ini akan menimbulkan dengkuran pada saat tidur, bagaimanapun tubuh kita butuh istirahat yang cukup setelah aktivitas seharian, agar keesokan harinya tubuh ini bisa fit kembali dan siap beraktivitas lagi.

4. Minum Herbal Kunyit plus Susu
Kita semua tahu jika kunyit mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, ternyata kunyit dapat mengobati masalah mendengkur. Buat ramuan herbal kunyit plus susu dan minum setiap malam sebelum tidur. Cara membuat herbal kunyit plus susu sangat mudah, cukup mencampur 1 cup susu hangat dengan 2 sdt bubuk kunyit. Meminum susu sebelum tidur juga bisa membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak dan nyaman.

Demikian tips singkat mengurangi kebiasaan mendengkur disaat tidur, semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa menerapkannya dirumah, karna bagaimanapun kebiasaan mendengkur saat tidur tidak nyaman untuk orang yang ada disisi kita, dan jangan sampai berakibat fatal karena hal-hal sepele ini membuat hubungan rumah tangga anda menjadi berantakan, untuk itu terapkan tips bermanfaat ini untuk anda, sahabat dan orang tercinta anda.

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan