Cara Jitu Di Cintai dan Di Ridhai Allah

oleh
maqonsae ~ Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah

Sejarah begitu sayang pada kita, ia seringkali mempersembahkan banyak pelajaran berharga dan beemakna. Begitu ruginya orang yang hanya menonton dan membaca serta menghapalkannya namun tak cukup cerdas menangkap pesan-pesannya. Tak sadarkah bahwa Allah sangat sering menyampaikan pesan lewat sejarah? Coba baca kisah para nabi dan ummat terdahulu dalam al-Qur’an, banyak sekali ibrah,  hikmah dan pelajaran yang seharusnya dapat menambah pemahaman kita dalam menjalani kehidupan ini.

Kali ini saya ingin berbagi kisah sejarah yang berkaitan dengan pesan Imam Asy-Syafii tentang cara jitu diridlai Allah. Semoga setelah membaca postingan ini kita semakin giat menggapai ridla dan akhirnya berhasil mendapat ridla Allah, sebuah kenikmatan puncak.

Suatu hari Imam Syafii bertemu dengan seseorang yang berkata: “Ya Rabb, apakah Engkau ridla kepadaku?” Imam Syafii berkata pada orang itu: “Apakah engkau ridla kepada Allah sehingga engkau berharap Allah ridla kepadamu?” Orang itu menjawab: “Bagaimana cara saya ridla padaNya agar Dia ridla padaku?” Imam Syafii menjawab: “Kalau engkau bisa berbahagia saat engkau ditimpa derita/musibah sebagaimana engkau bahagia saat mendapat kenikmatan maka engkau telah ridla kepada Allah.”

Luar biasa mutu nasehat ini dan luar biasa pula beratnya mengamalkannya. Adakah di antara kita yang sudah sampai pada tahapan ini? Adakah di antara kita yang tetap senang hato dan bahagia jiwa saat “milik” kita hilang atau rusak? Kadang musibah kecil saja yang ditimpakan kepada kita, keluhan besar kita ungkapkan dan sebarkan ke mana-mana lewat medsos dan cara lainnya.

Semoga Allah ampuni kita, semoga Allah bimbing kita untuk bisa berhati ridla akan setiap tetesan takdirNya.

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan