Doa Yang Di Ajarkan Nabi Muhammad SAW, Saat Menghadapi Kesulitan

oleh -250 views

Semua orang sudah barang tentu akan bertemu dengan kesulitan, adapun kadar kesulitan tersebut tidaklah sama antara yang satu dengan yang lainnya, ketidak samaan ini bukan berarti Allah membeda-bedakan mahkluknya dalam menjalani kehidupan ini, ketidak samaan ini tiada lain akan kemampuan manusia dalam mengahadapi permasalahan inilah yang berbeda-beda, sehingga ada ada sebuah hadis yang menerangkan bahwa Allah tidak akan memberikan masalah atau ujian kepada hambanya melebihi dari kadar kemampuan hamba itu sendiri, dari sini dapat kita pahami bahwa ujian dan permasalahan yang kita hadapi sudah sesuai dengan kadar kemampuan kita, tinggal bagaimana kita menyikapi dan menghadapi permasalahan tersebut.

Kita tidak bisa menghindar dari segala permasalahan yang menimpa kita, semakin kita lari dari permasalahan maka semakin sulit kita bisa menyelesaikannya.

Rasulullah mengajarkan kita untuk selalu mengahadapi masalah tersebut, karna masalah jika tidak kita selesaikan sesegera akan menjadikan permasalahan tersebut berlarut-larut tanpa ada penyelesaiannya, disamping itu Rasulullah mengajarkan menghadapainya dengan doa, karna usaha menyelesaikan masalah tanpa di imbangi doa akan membuat kita merasa jenuh dan enggan untuk menyelesaikannya, dan masalah tersebut terasa berat untuk kita selesaikan.

Dibawah ini adalah redaksi doa yang diajarkan nabi kepada para sahabatnya dan tentunya juga kepada para ummat.

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً. (رواه ابن حبان)

“Ya Allah… tak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, dan yang sulit bisa Engkau permudah bila Engkau kehendaki mudah.” (HR. Ibnu Hibban).

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan