Etika Berjualan Di Medsos

oleh -312 views
Keasyikan kami dalam searching di google menemukan suatu yang sangat diluar kendali perkiraan kami, bahkan dengan temuan ini membuat kita semakin semangat betapa media online telah mendobrak pradikma primitif, bahwa dalam bersosial tidak harus bertatap muka bertemu didunia nyata, itu dulu ketika internet dan alat komunikasi belum masuk ketengah-tengah masyarakat, kini semua hal yang dulunya tidak mungkin jadi mungkin.
Dalam penjelajahan kami menemukan hal yang luar biasa, betapa pelaku usaha semakin banyak bermunculan bagaikan jamur yang menyeruak di musim penghujan, ini dapat kita temukan trend jual beli online, baik di medsos ataupun e-commerce.
Banyak cara mereka mempromosikan produknya, diantaranya di medsos. cara seperti ini dirasa menguntungkan, karna tidak perlu sewa tempat usaha ataupun capek-capek menggelar dagangannya di trotoar jalan dan tidak perlu di kejar-kejar Satpol PP, bahkan yang tidak memiliki produk pun bisa berjualan tanpa harus memiliki produk sendiri, dalam hal ini sering kita kenal dengan istilah Reseller dan Dropship, menjual produk orang tanpa ribet harus mikirin tentang produksi produk tersebut, dan fokusnya hanya jualan, jualan dan jualan.
Dan sangat disayangkan, karna minimya skil dan pengetahuan mereka tentang tehnik jualan, cara-cara jualan yang sering mereka lakukan di media sosial terkesan asal-asalan dan tidak elegan, bahkan bisa merugikan bisnis mereka sendiri, nyepam promo dengan mengirimkannya di kolom komentar seperti Instagram dan Facebook, atau memborbardir daftar kontak yang ada di smartphone dengan mengirim Broadcast tanpa henti, jelas-jelas ini dapat merugikan bisnis yang mereka rintis.
Berjualan itu ada etikanya, jika kita menerapkannya dengan baik dan benar Insya Allah mereka yang asalnya enggan membeli produk kita akan menjadi respek dan tertarik untuk membeli produk kita, karena konsumen merasa dihargai oleh kita.
1. Selalu Ramah Kepada Konsumen
Konsumen yang kita hadapi memiliki latar belakang dan karakter yang bebeda-beda, perbedaan karakter yang mereka miliki bukan berarti kita membeda-bedakan pelayanan kita, selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada semua konsumen kita, meskipun diantara konsumen tersebut ada yang membuat kita jengkel, karna bagaimanapun konsumen adalah raja, yang harus kita layani dengan sabar dan ramah.
2. Berkomunikasi Dengan Baik
Konsumen yang suka menawar itu adalah hal yang biasa, karna prinsip seorang konsumen adalah membeli produk terbaik dengan harga yang murah meriah, nawar harga mulai dari atas sampai kebawah lalu kembali lagi ke atas, tapi ujung-ujungnya tidak membeli, kita sebagai penjual tentunya jangan marah lalu terucap kata yang tidak baik, hindari untuk berkomunaksi buruk dengan konsumen kita, sekali lagi konsumen adalah raja.
3. Tidak Menggunakan Data Pelanggan Untuk Hal Lain
Sudah jelas jika kita bertransaksi online dengan konsumen kita, maka kita akan mendapatkan data-data pribadi mereka seperti, nama. nomor ponsel. email dan alamat rumahnya, semua data tersebut sejatinya hanya diperlukan untuk proses transaksi jual beli dan pengiriman barang, dan hindari untuk tidak memanfaatkan data-data tersebut untuk keperluan lainnya, ingat!! Jagalah Privasi Konsumen Kita.
4. Panggil Mereka Dengan Pangilan Yang Baik
Jika Konsumen kita pria, panggil mereka dengan sebutan Bapak, jika konsumen kita wanita panggil mereka dengan sebutan Ibu, karna kita panggilan bapak/ibu adalah panggilan terhormat, dan kita juga tidak tahu akan usia mereka, jika anda ingin memanggil dengan sebutan yang lain maka ikutilah saran dari mereka.

5. Selalu Membalas Pertanyaan Konsumen
Produk yang kita jual secara online tentu memerlukan penjelasan secara detail, jika konsumen bertanya tentang produk kita atau alamat kita, jawablah dengan baik dan jujur. jangan sampai pertanyaan yang mereka ajukan tidak terjawab oleh kita, menjawab pertanyaan konsumen juga merupakan salah satu bentuk pelayanan kita kepada mereka, walaupun terkadang mereka mengajukanpertanyaan diluar jam operasional kita, dengan demikian kita tidak akan kehilangan konsumen karena komunikasi tetap terjaga dengan baik.

6. Jangan Segan-Segan Mengatakan Maaf Jika Salah Memberikan Informasi
Meminta maaflah kepada konsumen dengan tegas, jika kita ada kesalahan dalam memberikan informasi tentang produk kita, dan jangan pernah menyalahkan konsumen sedikitpun, karna kemungkianan kita ada salah memberikan informasi atau salah dalam penulisannya, dengan begitu kita akan dihormati oleh konsumen kita karna berani mengakui kesalahan yang kita perbuat.
Disamping poin-poin diatas perlu di ketahui oleh para penjual, kerjakanlah semua aktivitas usaha kita dengan profesional, dengan demikian kita akan memperoleh secara maksimal apa yang sudah kita usahakan nantinya.

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan