Keistimewaan Semut yang Belum Kita Ketahui

oleh -710 views
Semut
Semut merah yang marah
Salah satu keistimewaan serangga yang namanya diabadikan dalam Al-Qur’an adalah Semut. Bahkan keistimewaan semut menjadi salah satu nama surah salam alqur’an, yaitu An-Naml. Dalam al-Qur’an disebutkan bahwa semut memiliki pemimpin yang bijak, pada saat itu pemimpin semut mengintruksikan anak buahnya untuk segera masuk ke sarangnya karena akan ada rombongan Nabi Sulaiman dan tentaranya yang akan lewat ditempat itu. Nabi Sulaiman yang memiliki mu’jizat dapat memahami bahasa hewan yang  pada saat sangat kagum melihat perilaku pemimipin semut, sehingga nabi Sulaiman bersyukur atas nikmat dan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT padanya.
Banyak orang menyebutkan bahwa semut merupakan hewan yang memiliki perilaku yang bisa dijadikan contoh oleh manusia. Karena semut tergolong hewan yang taat pada peraturan (Peraturan kerajaan semut), semut dapat dikatakan memiliki ahlak baik yang dapat ditiru oleh manusia.
Berikut beberapa perilaku keistimewaan pada semut yang dapat ditiru oleh manusia:

1. Semut Berjalan tertib dengan barisan lurus dan tidak akan melewati satu sama lain.

Sifat ini dapat ditiru oleh manusia ketika manusia tersebut sedang melakukan aktifitas, baik sedang berkendara ataupun dalam antrian. Kebanyak sikap ambisi atau emosi manusia selalu ingin didepan dengan alasan takut tertinggal atau tidak ingin lama-lama, sehingga tidak jarang manusia menerobos dan mengambil hak orang lain

2. Semut dikatan selalu berhenti sejenak ketika bertemu dengan semut lainnya

Ketika semut bertemu dengan sesama semut, mereka berhenti sejenak (di salah satu kisah dikatakan semut tersebut mengucapkan salam atau sekedar menyapa dan saling memberikan informasi). Sikap ini dapat ditiru oleh manusia ketika bertemu satu sama lain, saling sapa atau hanya sekedar mengucapkan salam atau bahasa lebih tepatnya adalah Silatur Rahmi.

3. Semut suka melakukan gotong royong saat melakukan aktifitas seperti mengangkat atau menemukan makanan

Sikap ini sangat baik jika ditiru oleh manusia, kebanyakan pada zaman modern saat ini manusia sangat sulit melakukan gotong royong atau saling bantu, kecuali di undang dan diberikan upah. Semut memberikan contoh yang baik, yaitu saling memberi, saling gotong royong satu sama lain.

Masih banyak sifat-sifat keistimewaan semut yang dapat ditiru oleh manusia.
Semua hewan melakukan Ibadah, juga semut yang sudah disebutkan diatas, ada hal unik yang kami temukan pada semut, kami menemukan segerombol semut yang berjalan beputar mengelilingi benda hitam, layaknya orang bertawaf di pinggir Ka’bah, hal tersebut membuat kami tergelitik untuk menulis tentang keistimewaan semut, karena video tersebut seakan-akan mengingatkan kita pada kewajiban kita sebagai orang muslim yang taat untuk melaksanakan ibadah Haji. Semoga kelak kami dan yang membaca artikel ini dapat di panggil oleh Allah untuk melaksanakan rukun islam yang kelima.
Berikut link video Keistimewaan Semut yang berjalan layaknya orang thawaf di pinggir Ka’bah : 
Silahkan like, share Video dan tulis komentar tentang Keistimewaan semut
=================
Penulis:
Umarul Faruk, M.Psi

Email : elfaruqi90@gmail.com

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan