Macam-Macam Bentuk Kerjasama Bisnis

oleh
maqonsae ~ Kesepakan Dalam Bisnis Itu Penting


Banyak para bisnis pemula disaat merintis usaha yang diawali kerja sama dengan patner kerja, atau penawaran modal dari sahabatnya, namun sering terkendala dengan aturan main yang mau ditetapkan, sehingga kedua belah pihak sama-sama mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan posisi mereka, dan tentunya menentukan hasil antara pengelola dengan investor dibutuhkan pengetahuan aturan kerja sama yang tentunya di perkuat dengan aturan secara tertulis yang ditandatangani oleh kedua belah pihak dan tentunya tercatatdi akta notaris.
Ada berbagai macam bentuk kerjasama bisnis yang bisa diterapkan antara Pengelola dengan Investor dalam mengelola suatu usaha dilihat dari sudut pandang kepemilikan usaha. Mana yang dipilih akan berpengaruh dalam penentuan hak dan kewajiban masing-masing. Macam-macam bentuk kerjasama bisnis  tersebut adalah:
Usaha Patungan (milik bersama)
Jika usaha ini disepakati menjadi milik bersama, maka investor sebagai penyetor modal berupa tempat dan Anda menyetor modal berupa uang. Di antara dua pemilik (Pemilik tempat dan pemilik uang), dapat ditunjuk salah seorang, atau kedua belah pihak, atau bisa juga pihak lain yang akan mengelola usaha tersebut yang dalam hal ini ditunjuk oleh kedua belah pihak
Usaha Milik Orang Lain
Karena usaha ini milik orang lain, sedangkan peran Anda di situ hanyalah sebagai pemodal saja. Dan sebagai pemodal Anda berhak untuk mendapatkan pengembalian modal dan bagi hasil usaha sesuai dengan kesepakatan awal, yang mana kontrak kerja sama bisa di beri jangka waktu satu tahun atau dua tahun, sedangkan bagi hasilnya bisa di berikan tiap bulan, tri wulan atau setiap pertengahan tahun, semua tergantung dari kesepakatan awal.
Usaha Milik Anda
Sebagai pemilik usaha, Anda mendanai sendiri usaha Anda tersebut. Namun karena Anda tidak dapat mengelolanya sendiri, maka Anda menunjuk orang lain sebagai pengelola usaha Anda tersebut. Dan atas perannya sebagai pengelola, ia berhak untuk mendapatkan hasil usaha sesuai dengan kesepakatan awal, kesepakatannya bisa berupa gaji tetap setiap bulan dan di tambah bonus atau persentase dari omset dll.
Demikian tulisan Macam-macam bentuk kerjasama bisnis yang dapat kami sajikan, semoga memberikan manfaat untuk usaha anda, sehingga bisnis yang anda kelola lancar dan barokah.

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan