Mutiara Kalimat Hikmah #1

oleh -654 views
Pandai dalam ucapan dan prilaku

لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ

Bukanlah yang dinamakan kekayaan itu dengan banyaknya harta, akan tetapi kekayaan (yang sesungguhnya) adalah kekayaan jiwa/hati.

Banyak orang yang mengira bahwa kekayaan yang membawa kebahagiaan adalah harta yang melimpah, jabatan yang tinggi dan kedudukan yang mapan, padahal kekayaan sejati adalah ketentraman jiwa dan bersyukur dengan nikmat yang telah diterimanya.


إِذا المرءُ أعطى نفسه كل ما اشتهت ولم ينهها تاقت إلى كل باطل وساقت إليه الإثم والعار بالــــــــــذي دعته إليه من حلاوة عاجـــل

Bilamana seorang senantiasa menuruti hasrat jiwanya dan tiada menahannya, pasti kebatilan kan selalu dirindukannya. Jiwapun datang kepadanya dengan dosa dan cela, oleh sebab ajakan kepada manisnya dunia yang bersifat sementara

Tidak semuanya hasrat dan keinginan harus dipenuhi, kiat harus pandai-pandai memilih dan memilah. Jika apa yang kita inginkan harus terwujud maka tunggulah akan datangnya kehinaan dan kesengsaraan yang berlangsung lama, tidak sebanding dengan kesenangan yang dirasakan sementara.

إِنَّ امْرَءًا يَصْفُوْ لَهُ عَيْـشُهُ لَغَافِلٌ عَمَّا تَجِـنُّ الْقُبُوْرُ

نَحْنُ بَنُوْ الأَرْضِ وَ سُكَّانُهَا مِنْهَا خُلِقْنَا وَإِلَيْـهَا نَصِيْرُ

Sungguh orang yang merasakan nikmatnya kehidupan. Dia tidak akan tahu apa yang ada di balik kuburan. Kami ini adalah putra bumi dan para penduduknya. Dari tanah kita diciptakan dan kepadanya dikembalikan

Kenikmatan dunia yang kita rasakan sering memalingkan kita untuk mengingat kematian. Kemewahan dan kemegahan yang kita banggakan juga bisa melupakan dari apa kita diciptakan. terlalu bahagia dengan apa yang kita rasakan menyebabkan kita enggan dengan kematian.
Sering-seringlah untuk mengingat kematian dan jangan dilupakan awal mula kita diciptakan.

إِنَّ الفَقِيْهَ هُوَ الفَقِيْهُ بِفِعْـــلِهِ # لَيْسَ الفَقِيْهُ بِنُـطْقِهِ وَ مَقَـالِهِ

Orang pandai adalah yang pandai dengan perbuatan
Bukan sekedar pandai dengan lisan dan perkataan

Banyak orang yang mengatakan sesuatu yang tidak ia kerjakan, sungguh celaka jika terdapat orang yang bisanya hanya berbicara tentang kebaikan namun dirinya sendiri enggan untuk melakukannya.

وَكَذَا الرَّئِيْسُ هُوَ الرَّئِيْسُ بِخُلُقِهِ # لَيْسَ الرَّئِيْسُ بِقَوْمِهِ وَ رِجَـالِهِ

Dan pemimpin adalah yang memimpin dengan sopan
Bukan sekedar pemimpin bagi kaum dan orang bawahan

Seorang pemimpin yang bijak adalah pemimpin yang bisa memperlakukan bawahannya dengan baik dan bijak, serta tidak membeda-bedakan antara golongannya dengan golongan lain

وَكَذَا الغَنِيُّ هُوَ الغَنِيُّ بِحَــالِهِ # لَيْسَ الغَنِيُّ بِمُلْكِهِ وَ بِمَــالِهِ

Juga orang kaya ialah yang kaya dengan pengamalan
Bukan sekedar kaya dengan kekuasaan dan perbendaraan

Kekayaan yang baik adalah kekayaan yang digunakan dalam kebaikan, karna kekayaan yang dimanfaatkan dalam kebaikan akan memberikan keberkahan yang melimpah.

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan