Penjajahan Jepang Ke Indonesia

oleh -208 views
Setelah 350 tahun Belanda menguasai Indonesia, pemerintahan Belanda di Indonesia digantikan oleh bangsa Jepang. Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang melalui perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942. Masa pendudukan Jepang dimulai pada tahun 1942 dan berakhir pada 17 Agustus 1945.
Bangsa Jepang pertama kali datang ke Indonesia disambut dengan bahagia, karena telah mengusir bangsa Belanda dari Indonesia dan dianggap sebagai saudara di benua Asia. Namun bahagia itu berlangsung sesaat dan kemudian, bangsa Jepang berubah sikap dan sifat yang sangat kejam dan lebih kejam dari bangsa Belanda.
Masuknya Jepang ke Indonesia disambut gembira oleh para pejuang kemerdekaan waktu itu. Namun tujuan awal dari Jepang yang masuk ke Indonesia ialah Jepang ingin mengeruk sumber-sumber kekayaan alam yang startegi yang ada di tanah Indonesia.
Jepang mendarat di Indonesia pertama kalinya pada tanggal 10 Januari 1942 di Kalimantan dan Sulawesi. Lalu Jepang melakukan invasi ke seluruh wilayah Indonesia. Pada tahun itu, bangsa Jepang segera melakukan banyak perbudakan bagi bangsa Indonesia.
Jepang mempunyai banyak sekali akal untuk membuat bangsa Indoneisa seperti membuat semboyan 3A yang memiliki arti sebagai berikut :
1). Jepang Pemimpin Asia
2). Jepang Cahaya Asia
3). Jepang Pelindung Asia
Akal selanjutnya yang dilakukan Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia dengan membuat propaganda sebagai berikut :
1). Menganggap Jepang sebagai saudara tua bangsa Asia (Hakko Ichiu)
2). Melancarkan simpati lewat pendidikan berbentuk beasiswa pelajar.
3). Menarik simpati umat Islam untuk pergi Haji.
4). Menarik simpati organisasi Islam MIAI.
5). Melancarkan politik dumping.
6). Mengajak untuk bergabung tokoh-tokoh perjuangan Nasional seperti: Ir. Soekarno, Drs. M. Hatta serta Sutan Syahrir, dengan cara membebaskan tokoh tersebut dari penahanan Belanda.
Tindakan nyata yang dilakukan Jepang kepada Indonesia untuk menarik simpati rakyat Indonesia antara lain:
1). Jawa Hokokai (Himpunan kebaktian Jawa) merupakan organisasi sentral dan terdiri dari berbagai macam profesi (dokter, pendidik, kebaktian wanita pusat dan perusahaan).
2). Putera (Pusat Tenaga Rakyat) dengan tujuan membujuk kaum Nasionalis sekuler dan intelektual agar menyerahkan tenaga dan pikirannya untuk mengabdi kepada Jepang.
Penindasan yang dilakukan Jepang terhadap bangsa Indonesia yang mengakibatkan bangsa Indonesia miskin dan sengsara. Beberapa penindasan yang dilakukan oleh Jepang antara lain :
1). Romusha yang mengakibatkan bangsa Indonesia kelelahan dan mati.
2). Wanita Indonesia diharusan untuk melakukan seks kepada orang Jepang.
3). Penyiksaan yang dilakukan oleh Jepang.
4). Hukuman mati yang dilakukan Jepang kepada rakyat Indonesia.
5). Kejahatan perang yang terjadi di Indonesia.

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan