Selamat Hari Santri, Bersama Santri Damailah Negeri

oleh

Bersama Santri Damailah Negeri,  karna Santri ada untuk Negeri ini Merdeka.

Kalah Dunyo, Menang Agomo

Santri walaupun dalam masalah harta dan dunia tersisihkan oleh mereka kalangan beruang,  bukan berarti santri kalah dalam ekonomi,  karna prinsip seorang santri adalah “Dunia adalah obat.. “, santri memanfaatkan harta atau dunia sekedarnya saja, sepeti obat,  di konsumsi sekedar penghilang sakit semata, jika sembuh obat tidak lagi butuh,  begitu juga dunia,   jika selesai dunia akan disisihkan karena dunia bukan menjadi tujuan utama, tujuan utama dalam hidup adalah beragama,  bertaqwa dan khidmah (pengabdian).

Kalah Rupo, Menang Dungo

Tampang boleh kalah,  penampilan boleh sederhana,  tapi urusan usaha dan doa Santri tetap tidak akan mau kalah,  karna santri sejak menginjakkan kakinya masuk pesantren sudah siap segalanya,  termasuk mewaqafkan dirinya untuk kepentingan agama dan bangsa,  jangan diragukan lagi akan nasionalisme seorang santri untuk negeri ini,  sumbangsih para santri tidak jauh beda dengan sumbangsih Kiai untuk merebut kemerdekaan negeri ini. Berkat doa dan perjuangan Kiai dan Santri bangsa ini mampu mengusir penjajah di atas bumi pertiwi. Jangan ajari kami para santri untuk menjaga NKRI.

Kalah Duit, Menang Wirid

Uang bukan segalanya buat santri, tapi riyadhoh (melatih jiwa)  sudah menjadi tempaan santri untuk menjadi manusia yang berarti dan bermanfaat untuk negeri ini.

Kalah Pangkat, Menang Tirakat

Perjuangan Santri untuk bangsa ini tidak semata-mata untuk meraih gelar pangkat dari penguasa negeri ini,  tapi perjuangan santri tiada lain untuk meraih ibadah yang sempurna dan tentram tanpa ada kesulitan bersama rakyat negeri ini, dengan begitu bangsa akan terus terjaga derkat doa dan tirakat para santri di negeri ini,  jangan sepelakan rutinitas ibadah (tirakat) para lelujur bangsa ini, mereka mengajarkan penringnya ibadah,  karna hanya dengan ibadah eksistensi santri tetap abadi di negeri ini.

Kalah Kabeh, Mondok Maneh

Jika tidak ada yang Santri banggakan dari dirinya,  harta tak punya, agama tiada, rupa biasa-biasa saja, doa dan usaha sirna maka jangan tunggu lagi segeralah Santri Pergi Untuk Mondok Lagi.

Selamat hari santri
Bersama Santri Damailah Negeri

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan