Sholawat Adalah Salah Satu Doa Yang Mudah Terkabul

oleh -301 views

Guru Mulia Al ‘Alim Al ‘Allamah Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz Bin Syech Abu bakar bin Salim berkata:

“Kadang-kadang bangun malam (untuk shalat Tahajud) dan puasa sunnah malas, tapi derajat di surga ingin paling tinggi; namun kita yang malas bangun malam dan puasa sunnah masih ada kesempatan untuk mendapatkan ridha Allah SWT dan menempati surga paling tinggi.

“Caranya perbanyaklah membaca shalawat kepada Rasulullah SAW dan disertai juga berdoa untuk bisa mengerjakan bangun malam dan puasa sunnah.

“Dengan memperbanyak bacaan shalawat inilah Allah akan menurunkan rahmat-Nya kepada pembaca shalawat.

“Kalau orang mendapatkan rahmat Allah, maka ia akan mudah sekali bangun malam dan puasa sunnah.”
.
Syaikh Ibnu ‘Athaillah As-Sakandari berkata tentang keutamaan membaca shalawat :

من فاته كثرة الصيام والقيام فليشتغل بالصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم. فانك لو فعلت فى جميع عمرك كل طاعة ثم صلى الله عليك صلاة واحدة، رجحت تلك الصلاة الواحدة منه على كل ما عملته فى عمرك من جميع الطاعات. لأنك تصلى على قدر وسعك وهو يصلى عليك على حسب ربوبيته وكرمه

Barang siapa yang melewatkan puasa sunnah dan bangun malam, maka isilah hari-harinya dengan bershalawat kepada Rasulullah SAW. Karena jika engkau mengerjakan semua ketaatan sepanjang usiamu, kemudian Allah bershalawat (memberikan rahmat) kepadamu dengan satu kali shalawat, maka satu shalawat dari Allah itu lebih berat timbangannya dibandingkan semua ketaatan yang engkau kerjakan di sepanjang usiamu. Karena engkau bershalawat menurut kadar kekuatanmu, sedangkan Allah bershalawat (memberikan rahmat) kepadamu menurut kadar Ketuhanan dan Kedermawanan-Nya.

Satu kali shalawat (limpahan rahmat) saja dari Allah bisa mengungguli semua ketaatan kita, apalagi dua, tiga kali shalawat dari Allah kepada kita.
سبحان الله

Sedangkan Rasulullah SAW telah bersabda :
من صلى علي واحدة صلى الله عليه عشرا.
رواه مسلم، ابو داود، النسائ وابن حبان
“Barangsiapa bershalawat kepadaku dengan satu kali shalawat, maka Allah bershalawat kepadanya dengan sepuluh kali shalawat.” (HR. Muslim, Abu Daud, An-Nasai, dan Ibn Hibban)

اللهم صلى على سيدنا محمد واله وصحبه وسلم

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan