Temanmu Adalah Cerminan Dirimu

oleh

Tahukah anda bahwa kita dengan teman kita tidak selamanya selalu bersua dan bersama, karna kesibukan kita dengan sahabat kita masing-masing maka hal itu menjadi wajar. Yang tidak wajar adalah ketika kita dengan teman kita tidak saling menyadari kesibukan dan aktifitas masing-masing dan sering hal itu menimbulkan konflik dan salah faham diantara kita dengan teman-teman kita.
Sebelum hal itu terjadi kepada kita maka haruslah kiranya kita fahami betul siapakah teman kita yang sejati, karna teman sejati adalah dia orang yang siap bersahabat dengan kita baik ketika kita sukses bahagia maupun disaat kita sedang susah tertimpa musibah,  atau teman yang berani berkata jujur kepada kita, akan diri kita yang sebenarnya,  bukannya teman yang hanya mencari muka dengan mengiyakan semua perkataan dan perilaku kita. Dalam hidup kita sejatinya tetap membutuhkan seorang teman atau sahabat yang siap mendukung kita tanpa batas jika apa yang kita upayakan adalah kebenaran dan kebaikan, dan teman kita juga harus berani mengoreksi kesalahan dan kekhilafan yang ada pada diri kita tanpa risih dan berani, yang memahami permasalahan kita tanpa merasa dibebani, karna apa yang menjadi permasalahan teman-teman kita juga merupakan permasalahan bersama yang perlu kita selesaikan bersama pula.

Jika teman-teman kita betul-betul ikhlas bersahabat, maka kita akan tahu apa yang sedang sahabat rasakan dan juga sebaliknya dia akan menyadari kondisi kita yang sesungguhnya dan tentunya akan membantu kita menurut kemampuannya. Ungkapan hikmah yang sering diungkapkan untuk menilai pribadi seseorang yaitu,

المرء علي دين خليله فلينظر احدكم من يخالل

“Seseorang itu akan mengikuti pendirian teman karibnya, karena itu perhatikanlah olehmu siapakah yang dikawaninya.”

Sebagian pujangga berkata, ” Janganlah kamu berteman, kecuali dengan orang yang menyembunyikan rahasiamu serta menutupi kekuranganmu. Lalu ia selalu bersamamu dalam suka dan duka. Dia mendahulukanmu dalam segala duka dan cita. Dia menyiarkan kebaikanmu dan menyembunyikan keburukanmu. Jika engkau tidak memperoleh orang yang seperti itu, maka janganlah berteman selain dengan dirimu sendiri “.

ﺻﺪﻳﻘﻚ ﻣﻦ ﺻﺪﻗﻚ ﻻ ﻣﻦ ﺻﺪﻗﻚ

“Teman sejatimu adalah orang yang berkata benar kepadamu, bukan orang yang selalu membenarkan semua perkataan dan perilakumu”

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan