Tips Bisnis, 3 Cara Sederhana Menemukan Ide Bisnis Baru

oleh
maqonsae ~ MencariIde Bisnis itu Mudah
Perlu Anda ketahui bahwa tidak harus bergelar dan berpendidikan tinggi untuk bisa menemukan ide bisnis cemerlang, siapapun bisa menemukan ide bisnis yang kemudian bisa menghasilkan uang secara terus-menerus untuk anda.
Ide-ide bisnis itu bertebaran dimana-mana, tinggal diri anda sendiri apakah bisa menemukan ide tersebut secara mudah dan sederhana, seperti memanfaatkan kemajuan tehnologi, sampai memanfaatkan hal-hal sepele yang berada di sekitar anda, dan itu bisa bernilai ekonomi. Ide-ide itu bisa bersembunyi di dapur anda, di garasi rumah, atau mungkin di kolong tempat tidur anda. Juga dalam diri anda sendiri. 
Menemukan ide bisnis itu sebenarnya sederhana yaitu ketika anda mampu menemukan sebuah masalah dan mampu memberikan solusinya, maka jadilah sebuah peluang bisnis. Benar menemukan ide bisnis hanya sesederhana itu.
Mungkin mobil di garasi anda terlihat kusam, maka muncul ide produk pengkilap mobil. Kalau kolong di bawah tempat tidur anda berdebu, muncul ide alat pel lantai dan cairan pel dengan berbagai variasi bentuknya. Nah, dari ide-ide seperti itulah bisnis itu kemudian berkembang dan menghasilkan keuntungan. Kalau masih ada yang bingung soal inti mencari ide bisnis di atas, mari kita temukan idenya lebih jauh lagi.
1. Lihat Di Sekitar Anda
Ini salah satu cara paling simpel. Tidak usah susah-susah, anda jalan keluar rumah anda dan lihat di sekeliling anda ada usaha apa saja. Mungkin ada usaha cuci mobil, ada warnet, warung makan, dan sebagainya. Dan kalau diperhatikan semua usaha itu bisa eksis, meski mungkin ada lebih lima warung makan di lingkungan anda, tapi semuanya masih tetap buka usaha kan?
Anda sudah dapat ide bisnis-nya kan? Hanya saja kalau anda ingin buka usaha sejenis, satu tips tambahan dari saya: lakukan diferensiasi biar usaha anda unik.
Kalau anda ingin buat produk informasi tentang produk-produk tersebut juga bisa. Sudah ada banyak contohnya seperti misal bisnis warnet.
2. Jadikan Hobi Anda Bernilai Bisnis.
Anda suka memelihara burung? Anda bisa bisniskan kesukaan anda itu. Lakukan apa yang anda suka dan buat bisnis dari sana. Ubah hobi anda menjadi hobi yang menghasilkan uang buat anda. Mudah kan?
3. Ajari Orang Lain dan Tentukan Tarifnya
Mungkin anda pintar berbahasa Inggris atau pintar desain, mahir dalam internet marketing, atau Anda sebagai Yotuber’s, anda bisa mengajari orang-orang tersebut secara online, dan anda tentukan biayanya. dengan begitu Anda bisa memberikan pelajaran kepada mereka secara online dengan hanya cukup dari depan layar monitor komputer anda. Enak bukan?
Jadi mencari ide-ide bisnis yang tersembunyi itu sangat mudah dan gampang, tinggal anda sendiri peka atau tidak dengan peluang-peluang tersebut, sesuatu yang orang anggap tidak ada, belum tentu menurut anda, karna yang lebih tahu anda itu adalah anda sendiri.

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan