Tips Memiliki Anak Yang Sholeh Seperti Orang Tua Imam al-Ghozali

oleh -491 views
Imam alGozali Tokoh Pembaharu Dunia Islam
Ingin memliki anak yang Sholeh? Pertanyaan ini sebenarnya tidak membutuhkan jawaban, karna setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang baik dan sholeh yang bias berbakti kepada kedua orang tuanya dan hormat kepada guru-gurunya. Tapi walupun semua orang tua menginginkan anak yang baik dan sholeh, banyak dikalangan orang tua yang menjauhi orang-orang baik dan serta tidak hormat kepada orang-orang sholeh.

Bagaimana mungkin bisa mempunyai anak yang baik dan sholeh yang nantinya diharapkan doanya untuk mendoakan kedua orang tuanya, kalau kedua orang tuanya saja sudah tidak peduli, menjauh dan tidak pernah silaturrahim (sowan) ke para kyai, ulama dan orang-orang saleh.

Banyak sekali nasehat para ulama saat mengisi pengajian menceritakan kisah orang tua dari Imam Ghazali yang bukan dari kalangan ulama, akan tetapi orang tua beliau menaruh hormat, ta’dzim, mendekat dan mencintai ulama. Meskipun penghasilan kedua orang tuanya tidak seberapa, namun urusan mencari rezeki yang halal merupakan kerusan karna rezeki yang tidak halal akanmemrikan dampak yang tidak baik kepada anak keturnannya, inilah prinsip kedua orang tua Imam al-Ghozali. Disamping itu untuk sebagian penghasilan usaha kedua orang tunya Imam al-Ghozali beliau menyisihkan untuk membeli manisan (pada masa itu, manisan adalah hadih terbaik yang bias diberikan kepada para ulama) yang ia hadiahkan kepada para ulama, seraya memohon dan minta didoakan kepada Allah agar dianugrahi anak sholeh seperti ulama-ulama yang ia kagumi.

Kedekatan dan keta’dziman kedua orang tua tersebut tiddak sia-sia, Allah menganugrahi kepada orang tua tersebut dua putra yang sholeh, keduanya menjadi ulama besar, keduanya terkenal di dunia Islam. Pertama, Muhammad bin Muhammad al-Ghazali, kedua Ahmad bin Muhammad al-Ghazali.
Jangan bersedih dan berkecil hati walaupun orang biasa kita juga bisa memiliki seorang anak yang baik dan sholeh, sebagaimana kedua orang tuanya Imam al-Ghozali dengan keihlasan dan kecintaanya kepada para ulama dapat memiliki keturanan yang dapat memberikan manfaat kepada seluruh umat.

Alhamdulillah dengan mempelajari jejak kehidupan para ulama kita bisa mengambil hikmah pelajaran yang sangat berharga, mempelajari kisah-kisah kehidupan para ulama bukan hanya sekedar cerita yang seru yang kita dengar, namun lebih dari itu, perjalanan para ulama adalah suri tauladan untuk generasi penerusnya.

ﺭﺏ ﻫﺐ ﻟﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ
”Ya Rabb-ku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang sholeh.
(QS. Ash-Shaffaat: 100)

Wallahu a’lam

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan