Tips Menjadi Penulis Pemula di Blog

oleh -128 views
Menjadi penulis pemula bukanlah aktivitas yang sulit, namun menulis adalah suatu kegiatan yang mudah dan sebenarnya tanpa kita sadari kita sudah bisa menulis mulai dari satu kalimat ke beberapa kalimat, dari satu alenia ke beberapa alenia berikutnya, kenapa sampai saat ini belum kita sadari kalau kita memang bisa menulis dengan baik, disini akan kami jelaskan Tips Menjadi Penulis Pemula, bagaimana kita dengan mudah bisa menulis tanpa harus dibebani dengan aturan baku cara penulisan yang baik dan benar.
1# Update Status di MEDSOS
Pertanyaannya adalah berapa kali kita membuat update status di medsos seperti Facebook, Twitter dan media sosial yang lainnya? kita tidak menyadari kalau ternyata aktivitas update status di media sosial itu merupakan langkah awal menjadi penulis handal, Anda hanya tinggal memolesnya dengan menambah beberapa kalimat sehinggal menjadi satu artikel tulisan yang enak untuk dibaca, seenak membaca status teman kita di facebook.
2# Jadikan Aktivitas Kita Menjadi Rangkaian Kalimat Dalam Tulisan 
Selanjutnya setalah update status di medsos sudah biasa kita lakukan maka saatnya pada fase ini kita menambah kuota tulisan kita yang awalnya beberapa baris meningkat menjadi sebuah susunan kalimat yang terdiri dari beberapa alenia, untuk memudahkan bahan atau materi yang kita tulis maka tulislah tentang aktivitas keseharian kita, mulai dari apa yang kita kerjakan, apa yang kita makan atau bagaimana kegiatan kita dalam teman-teman, karna ini lebih mudah dan simpel untuk kita jadikan bahan tulisan. Kita bisa bisa menulisnya dengan menjadi susunan kata yang enak untuk dibaca, atau memilah-milah mana kira-kira aktivitas yang mudah untuk dijadikan bahan tulisan dan enak dijadikan cerita.
Meskipun terlihat mudah namun menuliskan aktivitas keseharian dalam bentuk susunan kata membutuhkan pemikiran otak yang lumayan berat, tapi bukan berarti kita menyerah sampai disini, bahkan jadikan ini sebagai motivasi untuk terus bisa menulis dan menulis.
3# Disiplin Untuk Terus Menulis
Kedisiplinan untuk menulis minimal dalam sehari 1 artikel akan terus melatih dan menhasah kemampuan menulis kita, untuk mendukung aktivitas ini kita bisa menulisnya di laptop pribadi kita dengan memakai Microsoft Word, atau menaruh di facebook dengan menulisnya di kolom catatan, atau jika kita mau bisa membuat blog pribadi yang dapat memuat tulisan-tulisan kita.
4# Menulis itu Simpel tidak Rumit
Ya betul, Menulis itu Simpel tidak Rumit, tulis saja apa yang ada dalam pikiran kita, apa yang kita pikirkan jadikan rangkaian kata yang tersusun dalam bentuk kalimat, menulislah dengan kata-kata sederhana dan simpel dan jangan terlalu dibuat rumit, sehingga kita dapat menyajikan tulisan yang enak dan renyah untuk dibaca.
5# Banyak Membaca, Untuk Terus Bisa Menulis
Perbanyak membaca karna dengan membaca akan menambah perbendaraaan kosa kata dan pengetahuan kita, membaca bukan hanya membuat kita berpengetahuan, namun dengan banyak membaca kita akan menjelajah ke seluruh dunia tanpa batas, jika kita sudah biasa membaca maka rajin-rajinlah untuk terus menulis, karna dengan menulis sejatinya kita meninggalkan jejak manfaat untuk orang lain.
Teruslah menulis dan carilah gaya tulisan anda sendiri tanpa harus ikut-ikut gaya tulisan orang lain, karna setiap penulis memiliki karakter tersendiri, mulai dari bahasa dan penyajian tulisan, jika anda terus berlatih dan berusaha, Insya Allah anda juga bisa seperti mereka, yang tidak hanya menjadi penulis pemula namun bisa cepat menjadi penulis profesional.

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan