UKM GO Online

oleh -293 views
Sudah saatnya UKM Go Online
Perilaku konsumen saat ini beralih dari offline menuju online, takheran banyak gerai-gerai banting setir dari penjualan langsung sekarang juga melakukan penjualan secara online, salah satu tren yang lagi banyak diminati konsumen adalah membeli barang melalui website-website e-commerce, sebutlah salah satunya seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan e-commerce yang lainnya. 
Inilah saatnya era Networking, dimana para pelaku bisnis memaksimalkan usaha mereka dengan mengkoneksikan ke media-media sosial seperti Facebook, Instagram dan sebagainya, ini sudah cukup membuktikan jika transaksi online sudah menjadi trensetter dikalan konsumen, pilih, klik, dan transfer setelah itu tinggal menunggu barang yang sudah kita bayar tadi.
Ketika peralihan perilaku kinsumen dari belanja offline ke belanja online, banyak para pelaku UKM yang tidak memiliki kemampuan dalah tehnologi, sehingga banyak dikalangan mereka yang kelimpungan menghadapi arus deras perubahan ini, tapi bagi mereka sudah biasa dengan dunia online parpelaku UKM yang memiliki offline shop dan gerai dapat dengan mudah beradaptasi dengan arus perubahan ini, mereka dengan mudah membuat website online shop dengan biaya yang sangat terjangkau.
Terkait dengan hal tersebut, PT. Exabytes Network Indonesia, yang bergerak dibidang jasa web hosting Indonesia, yang berkomitmen membantu UMKM/UKM dalam menyediakan layanan online mulai dari pembuatan website dan website e-commerce, domain serta mebyediakan pelayanan dan pelatihan digital marketing, mengadakan Program Gratis Domain, yaitu Program Grow (untuk pelaku usaha kecil) dan Program Blogger (untuk para blogger).
Program ini sudah berjalan lama yaitu sejak maret 2017 dan sudah beberapa kali program diperpanjang, karna targetExabytes mengalokasikan 5.000 paket Program Grow yang berupa Domain TLD (Top Level Domain) beserta Email 5GB secara GRATIS senilai senilai 2.4 Milyar rupiah kepada pengguna para pelaku UMKM/UKM yang menggunakan Facebook Page, Blog, atau penjual di Marketplace. Di bulan Maret, PT. Exabytes Network Indonesia mengawali program ini dengan memberikan Domain .COM, kemudian Domain .ID di bulan April, dan Domain .NET di bulan Mei dan Juni, dan sampai sekarang program ini diperpanjang, karna sampai hari ini, ada  2.395 akun yang telah di aktifkan dan angka ini masih separuh dari 5.000 paket yang di alokasikannya.
Data statistik menunjukan ada sekitar 52,7 juta UKM yang ada di Indonesia dan sekitar 70,6 persennya adalah usaha mikro. Dengan keterbatasan yang dimiliki para penguasaha mikro ini tak jarang menghambat keberhasilan usaha mereka. Salah satu kendalanya adalah minimnya akses teknologi informasi hingga menyulitkan mereka memasarkan produk dan secara tak langsung juga mempersulit mereka meluaskan pelanggan di pasar global.
Dengan adanya program PT. Exabytes Network Indonesia kita berharap, keikutsertaan para pelaku UKM dengan memnfaatkan program tersebut dengan Program Grow (untuk pelaku usaha kecil) dan Program Blogger (untuk para blogger). ini, selain para pelaku UKM bisa memperkenalkan produk usahanya dan sekaligus menjualnya, ini juga semoga bisa menularkan semangat UKM GO Online di kalangan UKM lainnya. 
x

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan