Untuk Warga NU di atas sana

oleh -346 views
Nahdliyin
NU Benteng Terakhir NKRI

Di bawah, umat menangis. Di bawah, bahkan tidak mengenal Anda siapa, sebagai apa dan menjadi apa? Di bawah, rakyat hanya berteriak mendukung NU dari para kiai kampung yang mengajar ngaji metode lama, “langgaran”. Di bawah, belum lagi disita masalah-masalah ekonomi, sosial dan kehidupan antar paham. Anda tidak tahu semua ini, karena Anda hanya tahu tentang politik, NU dan Indonesia dari Jakarta.

Di bawah, Pengurus NU mulai dari Pengurus Rnting sampai Pengurus Cabang, bersusah payah melindungi rakyat dari ancaman perpecahan. Bekerja keras menyatukan paham dan pikiran dari ancaman perkembangan zaman dan pemahaman radikalisme. Termasuk membentengi umat dari paham di luar Aswaja. Anda tahu, mungkin sebatas tahu, atau tidak akan pernah tahu seutuhnya, sehingga masih saja ada pernyataan kontroversial.

Saya hanya ingin mengurangi beban akhirat Anda; seandainya ada khianat yang menempel di jabatan Anda, karena tidak memperhatikan kami di bawah, atau karena ketidakjujuran Anda menyikapi suatu fakta. Setidaknya tulisan ini akan memaklumi keadaan Anda, kemudian dapat mengurangi tanggung jawab moral Anda atas jabatan dan nama besar Anda di Jakarta. Jadi, Anda tidak perlu marah atas kebaikan kami di bawah, selama ini.

Silahkan Anda menjawab apa saja, kami akan amini semua, sekalipun “mungkin terpaksa”. Sebab, kami tidak selevel dengan Anda, apabila tulisan kami harus ditanggapi dengan komunikasi dua arah; antara saya dan Anda.

Masyhur Koe
Penulis adalah staf pengajar di pesantren tertua di jawa timur

Tentang Penulis: ibnuhadi

Gambar Gravatar
Jika engkau tidak bisa menyebarkan kebaikan dengan lisan, maka sebarkanlah kebaikan melalui tulisan